Saintchristi’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Tekanan Darah Tinggi Bukan Penyakit June 5, 2008

Filed under: Family,Kesehatan — mama ethan @ 7:47 am
Tags:

Kmaren sore (4 Juni 2008 ) dapet kabar kalo tensi Bapak naik lagi jadi 180, padahal kamren sudah turun. Sehingga dokter memindahkan Bapak ke ruang ICU dan dievaluasi selama 15 hari.

Padahal dalam pengawasan dokter kenapa tekanan darah bisa naik lagi? Itu yang jadi pertanyaan.

Pagi ini iseng2 cari artikel yang make sense untuk menjelaskan kondisi ini (paling ga, artikel ini make sense buat aku, tapi aku sendiri ga tau tinjauan secara medisnya bener apa ga).

Berikut artikelnya:

Tekanan Darah Tinggi Bukan Penyakit(Erabaru.or.id) – Selama ini seringkali penyakit tekanan darah tinggi diobati dengan minum obat penurun darah, akibatnya justru sebaliknya bahkan bisa stroke. Sebaliknya pengobatan tradisional Tiongkok mengobatnya dengan cara memperlancar saluran darah, sehingga hasilnya lebih baik.Tingkat usia sebagai batasan terjadinya tekanan darah tinggi kian hari semakin tidak berpengaruh. Ilmu kedokteran Barat sekarang mengatakan ada dua kategori tekanan darah tinggi yakni yang terjadi dari penyebab langsung dan yang terjadi sebagai efek sampingan. Sesungguhnya dalam ilmu pengobatan tradisional Tionghoa, pada zaman dahulu tekanan darah tinggi tidak disingung. Tidak menganggap tekanan darah tinggi sebagai sebuah penyakit. Namun, ilmu kedokteran sekarang menganggap tekanan darah tinggi sebagai sebuah penyakit, padahal semestinya adalah suatu gejala penyakit saja, sebuah gejala dari multipenyakit.

Pada dasarnya sejumlah penyakit tertentu, misalnya penyakit ginjal, hipertiroidis (penyakit fungsi kelenjar gondok meningkat) dan lain sebagainya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebagian besar, disebabkan sakit sehingga mengakibatkan naiknya tekanan darah, dengan demikian ini merupakan efek samping. Asalkan penyakitnya sembuh, tekanan darah akan turun dengan sendirinya. Selain itu, ada lagi yang disebut tekanan darah tinggi yang terjadi dari penyebab langsung, yaitu bukan disebabkan dari sejumlah penyakit, melainkan tekanan darah tinggi yang hanya berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung saja.

Sebenarnya, cuaca yang dingin juga mungkin dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, juga minum minuman beralkohol atau perasaan tegang, perasaan risau dan lain sebagainya. Semua ini juga mungkin menyebabkan tekanan darah tinggi. Dalam lingkup ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, menurut Dokter Hu Naiwen dari Tong Deiang, Shanghai, China sebenarnya tidak dilakukan pembagian sebab penyakit darah tinggi seperti itu.

Kekurangan Oksigen
Ketika pasien mengidap tekanan darah tinggi, dr. Hu Naiwen selalu bertanya, apakah ada komplikasi lain? Jika ada beritahu sekaligus gejala penyakit lainnya. Tidak perlu khusus menangani tekanan darah tinggi, hasilnya malahan lebih baik. Sebab menurut pengamatannya, sebagian besar orang yang bertekanan darah tinggi punya kondisi demikian, dijelaskan gejala penyakitnya, dan anda sendiri juga bisa menganalisis sejenak penyakit apa sebenarnya?

Ada seseorang yang mukanya tampak merah, lehernya mengeras, detak jantung bertambah cepat, dan mengantuk. Jika anda melihat pasien seperti ini, dan anda tinjau dari sisi penyakit, bagaimana anda dapat menganalisisnya? Inilah gejala kekurangan oksigen. Namun, tahukah anda, penyakit tekanan darah tinggi gejalanya juga demikian. Lantas, apa hubungannya? Sesungguhnya satu hal yang sama. Kedua hal ini, mana yang merupakan sebab dan mana akibat?

Karena otak kekurangan oksigen, maka menyebabkan gejala tekanan darahnya tinggi. Saat kekuranga oksigen, perlu oksigen yang cukup untuk disuplai ke dalam otak, dan disaat demikian, untuk mencapai keseimbangan itu, jantung akan berdenyut dengan kekuatan yang lebih besar untuk memompakan darah ke otak. Sebelum memasukkan darah secukupnya, tekanan darah yang terukur sepertinya agak naik. Sebentar kemudian darah bisa mengalir masuk ke dalam otak, dan jika darah yang disuplai ke otak terpenuhi, oksigen dan zat lainnya terpenuhi, dengan sendirinya tekanan darah akan turun. Ini adalah konsep keseimbangan.

Jika otak atau organ lainnya kekurangan oksigen, maka jantung dengan kekuatan yang lebih besar, akan memompa darah ke dalam otak atau memompanya ke hati atau ke bagian organ lainnya. Ketika darah tidak dapat tersalur ke organ-organ, ditilik dari ilmu pengobatan tradisional Tiongkok adalah dikarenakan darah yang membeku, terhambat mengalirnya.

Misalnya, leher adalah sebuah saluran, leher mempunyai sebuah pembuluh nadi, dan darah disalurkan ke otak melalui pembuluh nadi leher. Tetapi, pada saluran yang naik ke pembuluh nadi leher, jika ada bagian yang tersumbat itulah yang dimaksud darah membeku dan tidak dapat mengalir, darah yang masuk terhambat, dengan begitu otak bisa kekurangan oksigen. Dengan demikian, diperlukan kekuatan yang lebih besar untuk memompanya sehingga kelihatan tekanan darah menjadi tinggi.

Cara Salah Menangani
Umumnya orang yang mengidap tekanan darah tinggi selalu mengkonsumsi obat penurun tekanan darah. Namun, ketika darah anda terhambat, lalu anda mengkonsumsi obat penurun tekanan darah, lantas apa darah itu sudah pasti bisa melewatinya? Tentu saja tidak! Itu juga yang menjadi alasan, mengapa mengonsumsi obat penurun tekanan darah, hasilnya justru sebaliknya malah membuat tekanan darah semakin tinggi. Sebab dengan menurunkan tekanan darah, darah di dalam otak malah semakin berkurang. Saat demikian, otak tetap saja tidak memiliki oksigen dan zat yang cukup, karena itu, jantung terpaksa menggunakan kekuatan yang lebih besar untuk menekannya. Meski jantung anda telah berupaya semaksimal mungkin, tetap saja tidak bisa mendukung darah masuk ke otak untuk memperkuat otot jantung mengalirkan darah ke organ yang ditujunya. Akibatnya, otot jantung akan menjadi semakin besar, sehingga terjadilah apa yang disebut pembesaran otot jantung.

Kalau otot jantung menjadi besar, lebih mudah menyebabkan tekanan darah tinggi menajdi bersifat permanen. Jika ada sedikit kerapuhan pada pembuluh darah otak (sisi dalam dinding pembuluh darah menghimpun sejumlah besar kolesterol sehingga dinding berubah menjadi lebih rapuh), maka lebih mudah pecah dan mengakibatkan perdarahan otak. Kaitan tekanan darah tinggi dengan stroke terletak di sini. Begitulah pengertian salah terhadap tekanan darah.

Para dokter menganggap, bila tekanan darah naik harus diturunkan. Begitu pula dengan pasien sekarang selalu menganggap, bila tekanan darah naik, harus diturunkan. Bila berobat ke dokter, dan tidak diberi resep obat penurun tekanan darah, pasti merasa tidak puas. Umumnya orang akan merasa, jika tekanan darah tidak turun, mungkin dapat menyebabkan stroke. Akibatnya, demi menurunkan tekanan darah malah mengakibatkan kekurangan oksigen pada otak, sehingga akhirnya sistem keseimbangan tubuh membuat tekanan darah semakin tinggi dan semakin mudah membuat penderita terkena stroke.

Cara Pengobatan Tradisional
Pengobatan tradisional Tiongkok terhadap penderita tekanan darah tinggi berbeda dengan pengobatan modern. Adalah menggunakan obat untuk memperbaiki peredaran darah dalam organ atau otak, supaya rongga pembuluh darah di sana sedikit membesar, dan menghilangkan darah beku yang tidak mengalir dalam perjalanan aliran darah sehingga dengan sendirinya darah akan lebih mudah lewat Bila darah sudah mengalir, maka secara otomatis tekanan darah akan menjadi normal secara permanen, bukannya menurunkan tekanan darah.

Sebenarnya sangatlah tepat jika ditinjau dari sudut pengobatan tradisional Tiongkok, saat ini seharusnya kita renungkan sejenak, sinshe sekarang juga kerap berdasarkan pandangan kedokteran Barat, yaitu menggunakan obat menurunkan tekanan darah. Kalau begitu, bukankah itu berarti manfaat dari pengobatan tradisional Tiongkok malah tidak berguna?

(Sumber: Dajiyuan)

 

25 Responses to “Tekanan Darah Tinggi Bukan Penyakit”

  1. christine Says:

    Saya jadi bingung setelah membaca artikel ini. Jadi sebenarnya orang penderita tekanan darah tinggi perlu minum obat penurun tekanan darah atau tidak?

    Karena sejauh ini,informasi yg saya dapat,bahwa penderita tekanan darah tinggi harus minum obat penurun darah tinggi seumur hidup. Malah tidak boleh sampai terlambat.
    Ada teman,yg ayahnya lupa minum obat 2 hari saja,mulutnya langsung kena stroke ringan. Untung saja masih sempat tertolong.

  2. Liza Says:

    Makasih banget infonya ya.. Ibu saya juga kena darah tinggi soalnya :)

  3. Terima kasih untuk informasinya
    saya menjadi lebih tau tentang darah tinggi walaupuin masih binggung tapi saya akan terus mempelajari peny.darah tinggi agar supaya saya bisa menyembuhkan tante saya yang terkena peny.darah tinggi

  4. tigrovertigo Says:

    yap….

    ckup menohok artikel diatas..

    saya jga sedang membahas tentang bab kardiovaskuler di perkuliahan saya, dan bersinggungan erat dengan hipertensi.

    jadi memang hipertensi bukanlah suatu penyakit tapi suatu gejala..

    hipertensi ada hipertensi essensial yaitu hipertensi bukan oleh adanya penyakit lain, dan hipertensi sekunder yg merupakan gejala atau dampak dari suatu penyakit sebagai contohnya arterosklerosis atau penggumpalan/penyumbatan pmbuluh darah karena penumpukan kolesterol..

    nah,disini memang stres,lifestyle(merokok,alkohol,makanan,dll) merupakan faktor resiko dari hipertensi, walo berupa gejala dan bisa turun dengan sendirinya,namun pada beberapa hipertensi yang tidak dengan sendirinya turun,bahkan menyebabkan kematian seperti gagal jantung. oleh maka dari itu dokter pasti memberikan obat penurun tekanan darah sesuai dengan tingkat atau derajat hipertensi.

    logikanya begini, jika terjadi sesuatu dalam sirkulasi darah dalam tbuh kita yg menyebabkan kekentalan atau viskositas darah naik,maka jantung akan bekerja berkali-kali lipat untuk mengedarkan kandungan darah tersebut cepat sampai pada lokasi yang dituju (prinsip keseimbangan tubuh/homeostatis). nah sesuatu yg bekerja terus menerus akan terjadi pembesaran,dalam kasus ini otot jantung dan mengalami yg disebut kardiomegali atau pembesaran jantung yang lama kelamaan akan terjadi capek jantung atau jantung tak kuat lagi memompa darah dan terjadi gagal jantung, bahkan mungkin kondisi ini diperparah usia serta pola hidup.

    jadi hipertensi bisa kita atasi dengan kesadaran dan kesigapan..

    trima kasih

  5. Gita Ulyana Says:

    Bapak saya mengidap Kolestrol dan darah tinggi,slah satu bergantian kadang tensi yg naik dan kdg kolestrol yg naik, saya bingung karna hrs hati2 dalam komsumsi makanan sehari2 juga buah2an, mana yg bisa dan mana yg tidak bisa dimakan,,saya kurang ngerti mana yg boleh dan gk???tlg info yaa

  6. Kiki Says:

    Jadi inti nya, semua itu harus teratur, olah raga juga perlu, pokok nya bergerak…

    orang indonesia banyak yang kurang olah raga. terlalu banyak yang leha2. Liat aja, yang sering kena tekanan darah tinggi itu, yang banyak duit, yang kerja nya cuma leha2… Sorry yach… tapi itu fakta nya…

    Dan juga para pengangguran yang cuma merenungi nasib nya, jadi ngga’ pernah bergerak juga… ^_^

  7. arie Says:

    bingung, tp jd agak mengerti,,,tx

  8. mietha momon Says:

    saya baru saja terkena tekanan darah tinggi 170/110…mulanya saya yakin hal tersebut di sebabkna oleh konsumsi obat pelangsing dan stress…ada permasalahan dalam di tempat kerja yang menyebabkan saya sangat emosional atau marah sekali selama berhari hari…kemudian saya pun megkonsumsi obat pelangsing.
    gejala pertama, saya mengalami pusing yang sangat hebat disertai muka rasanya kejang seperti kesemutan…saya hanya istirahat, kemudian memanggil dokter. sewaktu di tensi, dokter bilang saya terkena tek darah tinggi lalu dia meminta saya untuk periksa lab..hasil lab. kolestrol normal, fungsi ginjal normal, demikian pula yang lainnya.
    saya di beri obat penurun tekanan darah selama 1 minggu norvask. Lalu saya melakukan kegiatan yang membuat saya sangat bahagia…pikiran tenang dan nyaman..alhamdulilah sekarang tek darah saya sudah normal kembali 110/70…
    masalahnya saya sangat takut apabila tek darah saya naik kembali..
    mhn petunjuk nya serta saran, apa saja aktivitas yang tidak boleh dilakukan dan apa yang harus dilakukan,..demikian juga dengan makanan yang boleh dan tidak. dan apakah obat pelangsing ada pengaruhnya thd tek darah?
    saya tidak merokok, tidak pernah minum 2 an beralkohol,..saya pun rajin berolah raga. hanya saya memang sangat suka makanan ber citarasa asin..
    saya seorang wanita ibu rumah tangga usia saya 40 th.
    terimakasih.

  9. budirewang Says:

    setelah membaca artikel tekanan darah tinggi bukan penyakit, saya laki-laki umur 53 tahun jadi bingung nih, sebab saya juga penderita tekanan darah tinggi, sudah berobat rutin ke dokter paling diberi obat captopril yang diminum sehari 2 kali pagi dan sore. Disamping itu saya juga ke alternatif/refleksi setiap minggu. Segala pantangan makanan sudah dihindari. Namun begitu tekanan darah saya masih sekitar 160/110. Jadi apalagi yg harus diperbuat ? apa resep yg mujarab dari tiongkok?

    • hirman Says:

      hallo mas Budi, smoga nanti tidak bingung!apakah tensi anda pada umur 30 th juga 110/160 bila ya berarti anda normal bila bila dibawah itu berarti anda hipertensi.yang perlu diperhatikan pasien hipertensi adalah tekanan darah diturunkan agar beban jantung sebelah kiri bawah(ventrikel kiri) tidak terjadi penebalan. bila mengalami penabalan maka kemampuan jantung unt mompa lama kelamaan akan menurun akibatnya suplay darah ke seluruh tubuh akan menurun,kalo di otak mungkin stroke ischemia.untuk memilih obat yg di minum sebaiknya yang punya manfaat ganda msl:menurunkan tensi melindungi sel sel,memperbaiki saringan ginjal,menjaga or mengatur keluar masuknya darah di jantung biar imbang ,membantu kualitas hidup kita bila kita minum obat selam 2,3 5,10 th dst.memang banyak jenis onat hipertensi tetapi yang anda minum obat captopril(termasuk gol ACE -inhibitor) dimana obat tersebut memenuhi kriteria diatas masih banyak obat ACE inhibitor lain yang sangat baik cukup di minum 1 X hari msl :ramipril,lisinopril,dll yang belakangnya ada …pril,sekedar anda tau bahwa pasien dengan tekanan darah normal tapi minum obat ACE I (captopril) karena banyak manfaatnya.pasien gagal jantung, pasien stroke dengan tekanan darah rendah,pasien dengan gangguan ginjal dll (masih banyak lagi),didalam pengobatan ACE I di kenal pemakaian ACE I dibawah anti hipertensi(pengobatan dosis rendah)smoga tulisan ini bermanfaat, silahkan konsul ke dokter kardio or dokter geriatri or dokter nefrologi

  10. rizal Says:

    saya mengerti betul tentang artikel anda. . . .tetapi bagaimana jika faktor pencetus sudah di hindari sedangkan tekanan darah tinggi tetap saja. . . apakah obat perlu diberikan. . . .dan bagaimana dengan hipertensi yang didapat dari keturunan yaaa aaa ?

  11. Adnyana Says:

    Memang penyakit ini saling berkaitan. Senada yang ditulis sdr Tigrovertigo diatas, kalau viscositas darahnya tinggi ( darahnya kental), Jantung akan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang diperlukan otak. Darah yang kental penyebab utamanya adalah bentuk butir darah merah sudah tidak normal lagi, tidak bisa bergerak bebas, satu sama lain saling berhimpitan / lengket karena konsentrasi lemak dan protein yang berlebihan, membentuk rouleaux, bahkan yang lebih parah membentuk sludge (lumpur). Akibatnya kemampuan masing-masing butir dalam menyerap oksigen jauh berkurang. Banyak orang tidak tahu, darah yang kental, dapat menyumbat pembuluh darah, inilah yg fatal.
    Dalam kasus ini yang perlu diatasi adalah bagaimana mengetahui dan mengurangi kekentalan darah. Sayangnya selama ini kita tidak pernah melihat struktur darah kita seperti apa? Apakah butir darahnya normal, ataukah sudah lengket atau bahkan sudah membentuk sludge? Dengan mengetahui gambar bentuk darah kita inilah yang bisa meningkatkan kewaspadaan kita. Sekarang ada mikroskop yang namanya Dark Field Microscope, untuk menganalisa darah dalam keadaan masih segar, kita bisa lihat di layar komputer tingkat keparahan bentuk darah kita. Disamping itu ada alat buatan Cina, yang menggunakan sinar laser ringan untuk memecah mecah lemak yang melengketkan butiran darah merah. Dengan pemaparan yang rutin, darah kita bisa kembali normal. Kalau darahnya sudah normal, semua organ tubuh akan bekerja normal juga. Mudah mudahan bermanfaat. Bila anda ingin tahu lebih banyak, anda dapat kirim email ke saya : adnyana1@yahoo.com

  12. wita Says:

    umur saya 43. Tensi saya 150/100, sehingga kepala terasa sakit dan perut mual bahkan muntah. BBrp hr yl memang saya tidak kontrol makan, jadi liburan makan ikan asin..(walaupun cuma 2 potong kecil) dan sempat makan mie instan. Bbrp hari sesudah itu saya juga sempat makan sop kambing. Apakah karena pengaruh makanan tsb atau apa ya ? Mohon infonya.

  13. hery Says:

    Mohon informasinya jika mengetahui pengobatan ala Tiongkok ini mohon email ke saya.
    Atas bantuannya saya ucapkan Terimakasih

  14. Hati-hati makan makanan enak, karena makanan enak beresiko menyebabkan peningkatan tekanan darah.

  15. Feranita Says:

    informasinya sich memang OK, jelas bgt.. cm saya jd bertanya-tanya? jd orang yg py tekanan darah tinggi harus gmn donk? krn terus terang saya jg kasihan lihat Mama Mertua saya harus minum obat terus….. Mohon info, thanks..

  16. yogi Says:

    kok malah jadi bingung baca post ini??????????

  17. Sekedar Berbagi Info buat temen2…

    Wah andai website saya bisa punya 1000 pengunjung tiap hari……hehehe

    Tapi Ndak usah khawatir jangankan 1000 Pengunjung, 5000 Pengunjung/hari juga bisa…hehehe

    Nih saya punya Trik Mujarabnya, Monggo di Baca di sini http://www.kangociem.com/2010/08/trik-gila-5000-pengunjunghari-dan.html

    Semoga Bermanfaat khususnya untuk Blogger Indonesia..

  18. mariasunarto Says:

    kayaknya saya setuju ,bahwa darah tinggi bukan penyakit tapi salah satu gwjala penyakit..kadang2 darah tinggi disebabkan pengentalan darah karena faktor usia. ditempat temen saya yang telah terapi uantuk memperlancar / mengencerkan darah yang kental ,dengan terapi elektrik tegahgan tinggi,,sifatnya mengocok darah kental menjadi normal aliranya..terapinya 40 hari terus menerus kalau tidak hasilnya kurang maksimal..buktinya kanker payudaranya tinggal separuh. hilang .reaksinya men . sambil duduk diatas lempengan yang dihubungkan kelistrik, dan diiringi doa ,selama satu jam perhainya..penemuan baru dari jepang.

  19. Udin Petot Says:

    Unur saya 49 thn baru-baru ini tekanan darah saya naik menjadi 160/110, hal ini terjadi karena saya mengkonsumsi Viagra. Apakah Viagra dapat menaikan tekanan darah saya (sebelumnya tekanan darah saya adalah 100/70). Mohon infonya (anda dapat mengirimke email saya di udin_petot@yahoo.co.id). Tks

  20. supriyadi marsan Says:

    Terapi Alternatif Karunia ASY-SYIFAA
    ASSALAMU ALAYKUM WW
    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM
    By.Jamaluddin Supriyadi M
    Metode terapi ini dinamakan TERAPI FISIO-ARTERI yang menitik beratkan pada masalah penanganan CARDIOVISCULAR tubuh manusia.Metode baru ini pada kenyataannya amat sederhana dilihat dari bentuk DIAGNOSA,bahasa sederhana pada KONSULTASI dan sederhana pada praktek terapinya namun hasilnya sangat dihrapkan oleh para pasien yaitu kesembuhan.Adapun kelebihan dari terapi ini adalah;
    1.Metode terapi ini lahir sebagai karunia ALLAH SWT kepada manusia dimana sebenarnya sangat ditunggu selama ribuan tahun sejak manusia diciptakan.
    2.Adanya keahlian dan kemampuan dalam mengetahui dan bertindak dalam memberi solusi kesembuhan serta pengetahuan upaya pencegahan agar tidak terulang lagi sakit itu.
    3.Kemampuan RUH dengan IZIN ALLAH/BI IDZNILLAH untuk menyembuhkan problem kesehatan internal manusia dengan nyata dalam waktu yang singkat.Dari seminggu hingga maksimal 3 bulan,dengan catatan pasien tidak mengalami kondisi arteri putus serta kondisinya bukan pada fase akhir.
    Perlu kita ketahui sekali lagi bahwa problem kesehatn manusia itu terbagi dua yaitu:
    1.Problem kesehatan INTERNAL dimana penyebabnya dari dalam tubuh manusia itu sendiri dan dengan dua sebab utama sebagai pemicunya.
    1.Baik tidaknya CARDIOVISCULAR atau sisten jaringan sirkulasi darah manusia itu
    2.Baik tidaknya sistem PENCERNAAN manusia
    Dan problem kesehatan internal ini dapat dikenali dengan tanda-tanda seperti:
    A.Adanya rasa sakit pada jaringan anggota dan organ tubuh kita
    B.Menurunnya kemampuan jaringan anggota dan organ tubuh manusia tanpa adanya rasa sakit.
    C.Adanya kebiasaan yang berbeda secara umum.
    Pada kasus internal ini menggunakan obat-obatan(diluar vitamin/suplement) amat tidak efektif.

    2.Poblem kesehatan yang bersifat EKSTERNAL atau datang dari luar tubuh manusia dimana dalam menggunakan berbagai tindakan medik dan obat obatan sangat efektif bagi pasien itu.
    Sedangkan dilihat dari sifatnya problem kesehatan INTERNAl itu terbagi atas dua bagian yaitu:
    1.Bersifat EVOLUSI
    Dimana problem kesehatan itu berkembang beriring bertambah usia dan terbagi 3:
    1.FASE AWAL usia -15 tahun
    2.FASE TENGAH usia 15 thn -40thn
    3.FASE AKHIR usia 40+/keatas
    2.Bersifat SPONTAN atau sakit yang datang tanpa proses EVOLUSI seperti kecelakaan,stroke dan lainnya.Untuk stroke dapat dibaca di grup STROKE DAN SOLUSI SEHAT pada Facebook.
    Adapun metode terapi memakai prinsip sebagai berikut
    1.ILMIAH
    Dari segi diagnosa,konsultasi serta terapinya tidak bertentangan dengan hukum akal dan tubuh manusia sebagai objeknya.
    2.ALAMIAH.
    Tidak menggunakan unsur-unsur yang intinya dapat mencederai,meracuni,merusak sel-sel tubuh,jaringan tubuh serta organ tubuh manusia.Makanan adalah obat terbaik bagi tubuh sekaligus menjadi mediator bagi tubuh yang akan berfungsi kembali sebagai kekebalan,proses regenerasi dan sebagai sumber tenaga utama.
    3.ILAHIYAH.
    Metode ini adalah KARUNIA ALLAH SWT yang dititipkan pada terapis namun menjadi anugerah bagi manusia yang menjalaninya sebagai bukti terkabulnya doa-doa mereka yaitu jawaban dan bukti adanya ALLAH SWT sebagai pencipta manusia dan segala yang ada.Sedapat mungkin menghindari pengkomersilan ayat-ayat AL-QUR’AN,serta terbebas dari syirik serta beradab terutama bagi pasien wanita.
    Bila anda telah menjalani bermacam metode dan telah mengkomsumsi berbagai macam obat-obatan namun belum juga sembuh tidak ada salahnya mencoba metode TERAPI FISIOARTERI ini tanpa obat karena intinya ada pada terapi dan insya ALLAH wa bi IDZNILLAH anda tidak akan kecewa dalam mengeluarkan uang dan kepercayaan anda terpenuhi.
    Jadikan upaya mencari solusi kesehatan ini sebagai proses iman kepada ALLAH SWT dalam membuktikan janjiNYA yang termuat dalam AL QUR’AN tentang ayat-ayat kesembuhan,ayat tentang doa yang akan dikabulkan ayat tentang ALYAUMA AKMALTU LAQUM DIINUKUM WA ATMAMTU ALAIKUM BI NI’MATII WARA DIITULAKUMUL ISLAMIDINA.hub 021-68769609/081284025560
    SEMOGA BEMANFAAT.WASSALAM

  21. TM Khaldun Says:

    Trims banyak, tp sy makin bingung…

  22. poymontana Says:

    stlah baca artikel diatas yg mngatakan tkanan darah tinggi bkn pnyakit dan g prlu minum obat, lantas gmn penyembuhañnya

  23. uthe Says:

    aq blom cek tp gejalanya dah ada…
    lagi cari2 info mgn penyakit ini…
    hmmm…cukup serius ternyata, makasih byk infonya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.