Saintchristi’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bapak Kena Stroke June 3, 2008

Filed under: Family,Kesehatan — mama ethan @ 8:20 am
Tags:

Hari Jumat Malem tgl 30 Mei 2008, kira-kira jam 8 malem D’Alex yang ada di jogja mengirim sms yang isinya begini:

“Mbak…bapak karo pak petrus kecelakaan nang brosot…Aku meh mrono dewe saiki..kowe do berdoa yo!! cz belum tau keadaane…..”

Sambil berusaha terlihat cool (cie…) aku berusaha telp Ibuk untuk menanyakan kondisi Bapak karena HP Bapak walopun bisa dihubungi tetapi tidak ada yang jawab.

Tapi ternyata Ibuk juga ga tau kondisi terakhir Bapak. Dalam hati takut juga kalo senadainya kecelakaan beneran, karena setelah beberapa kali jatuh dari motor, Bapak kalo naik motor suka kaget dan refleknya jelek apalagi kalo malem, apalagi kalo udah kecapekan suka masuk angin dijalan.

Waktu coba telp pakdhe Sis ternyata HPnya juga susah dihubungi. Akhirnya coba telp Pak Petrus yang disms tadi dikabarkan ikut jatuh bareng Bapak.

Dari pakPetrus mulai diperoleh info yang jelas. Ternyata Bapak jatuh sendiri dan bukan kerena kecelakaan (seperti yang dibayangkan). Dari Cerita Pak Petrus dan D’ Alex yang udah nengok kondisi Bapak, ternyata Bapak waktu naek motor udah ngerasa ga enak badan, makanya Bapak turn dari motor dan jatuh pingsan.

Untungnya Bapak langsung ditolong dan dibawa ke RS terdekat (RS. Rizki Amalia) yang ada di daerah Galur, Kulon Progo, DIY.

Dan diagnosa dokter ternyata mengerikan!! Bapak didiagnosa kena stroke, karena beliau pusing, kalo ditanya bingung dan muntah2 terus. Kata D’Alex yang pertama nengok kondisi Bapak, Bapak seperti ga mengenali orang2 disekitarnya dan kalo ditanya jawabannya aneh yang kalo kata Ibuk, Bapak jawabnya pake bahasa Flores.

Sabtu 31 Mei akhirnya Bapak dipindah ke RS Sardjito dengan pertimbangan alat2 yang lebih lengkap, dokter yang lebih ahli dan jarak dari rumah yang lebih dekat. Di Sardjito, Bapak dirawat di ruang beparawatan khusus stroke.

Hari Minggu 1 Juni 2008, hasil scan otak sudah bisa dilihat, setelah sebelumnya hasil rekam jantungnya dinyatakan sehat. Dari scan otak diketahui kalo beberapa pembuluh darah dibelakang leher pecah.

Karena penasaran tentang stroke, akhirnya setelah browsing, aku dapet artikel yang lumayan menjelaskan stroke ini. Artikelnya sebagai berikut :

Pola Makan dan Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Picu Stroke

Ditulis pada Mei 21, 2008 oleh thesecretalert

Stroke memang merupakan salah satu penyebab kematian terbesar saat ini. Bahkan, di Amerika Serikat stroke dan penyakit-penyakit pembuluh darah merupakan penyebab kematian nomor satu. Stroke sering disebut-sebut dan dihubungkan dengan manusia modern? Seperti apa penyakit stroke itu, sehingga bisa menjadi hantu bagi manusia? Benarkan pemicu stroke itu karena pola makan dan gaya hidup tak sehat?

Stroke adalah keadaan di mana sel-sel otak mengalami kerusakan karena tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Sel-sel otak harus selalu mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup agar tetap hidup dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Oksigen dan nutrisi ini dibawa oleh darah yang mengalir di dalam pembuluh-pembuluh darah yang menuju sel-sel otak.

Apabila karena sesuatu hal aliran darah atau aliran pasokan oksigen dan nutrisi ini terhambat selama beberapa menit saja, maka dapat terjadi stroke. Penghambatan aliran oksigen ke sel-sel otak selama 3 atau 4 menit saja sudah mulai menyebabkan kerusakan sel-sel otak. Makin lama penghambatan ini terjadi, efeknya akan makin parah dan makin sukar dipulihkan. Sehingga tindakan yang cepat dalam mengantisipasi dan mengatasi serangan stroke sangat menentukan kesembuhan dan pemulihan kesehatan penderita stroke.

Stroke ada dua macam. Jenis yang pertama disebut ischemic stroke, merupakan jenis stroke yang lebih banyak terjadi. Ischemic stroke terjadi jika aliran darah ke otak terhambat atau tersumbat. Aterosklerosis, yaitu keadaan di mana terjadi pengkakuan dan penyempitan pembuluh darah karena bertumpuknya zat-zat lemak di dinding pembuluh darah, merupakan salah satu penyebab utama ischemic stroke.

Penyempitan pembuluh darah menuju sel-sel otak menyebabkan aliran darah dan pasokan nutrisi ke otak akan berkurang. Selain itu, endapan zat-zat lemak tersebut dapat terlepas dalam bentuk gumpalan-gumpalan kecil yang suatu saat dapat menyumbat aliran darah ke otak, sehingga sel-sel otak kekurangan oksigen dan nutrisi.

Jenis yang kedua disebut haemorrhagic stroke, yaitu stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak, sehingga terjadi perdarahan di otak. Haemorrhagic stroke umumnya terjadi karena tekanan darah yang terlalu tinggi. Hampir 70 persen kasus haemorrhagic stroke terjadi pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Hipertensi menyebabkan tekanan yang lebih besar pada dinding pembuluh darah, sehingga dinding pembuluh darah menjadi lemah dan pembuluh darah rentan pecah.

Meski demikian, hemorrhagic stroke juga dapat terjadi pada bukan penderita hipertensi. Pada kasus seperti ini biasanya pembuluh darah pecah karena lonjakan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba karena suatu sebab tertentu, misalnya karena makanan atau faktor emosional.

Pecahnya pembuluh darah di suatu tempat di otak dapat menyebabkan sel-sel otak yang seharusnya mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang dibawa melalui pembuluh darah tersebut menjadi kekurangan nutrisi dan akhirnya mati. Darah yang tersembur dari pembuluh darah yang pecah tersebut juga dapat merusak sel-sel otak yang berada di sekitarnya. Walaupun terjadi lebih jarang dari ischemic stroke, hanya 20 persen dari kasus stroke yang terjadi, namun haemorrhagic stroke lebih serius tingkat bahayanya dibandingkan ischemic stroke.

Apakah stroke dapat disebabkan faktor keturunan? Para ahli kesehatan meyakini, ada hubungan antara risiko stroke dengan faktor keturunan, walaupun tidak secara langsung. Pada keluarga yang banyak anggotanya menderita stroke, kewaspadaan terhadap faktor-faktor yang dapat menyebabkan stroke harus lebih ditingkatkan. Meski demikian, stroke bukan merupakan penyakit keturunan.

Banyaknya kasus stroke mungkin lebih disebabkan faktor pola makan dan gaya hidup. Makanan bersantan asal tidak berlebihan sebetulnya tidak berbahaya. Namun, jika setiap hari mengkonsumsi makanan berlemak, terutama lemak hewani dalam jumlah berlebihan, apalagi kurang makan sayur dan buah-buahan segar, tentu akan meningkatkan risiko stroke. Cepat marah, panik, dan stres, apalagi perokok, kurang olah raga, berat badan berlebih dan kurang tidur akan melipatgandakan kemungkinan orang bisa terkena stroke.

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari stroke? Dari apa yang diuraikan, dapat dipahami bahwa hipertensi (tekanan darah tinggi) dan aterosklerosis (penyumbatan/pengkakuan pembuluh darah karena tertimbunnya zat-zat lemak termasuk kolesterol di dinding pembuluh darah) merupakan dua faktor utama yang dapat menyebabkan stroke. Oleh sebab itu, semua faktor yang dapat memperbesar risiko menderita hipertensi dan aterosklerosis harus dihindari untuk mencegah atau menghindari terjadinya stroke.

Makanan yang berlemak, kurang olah raga, obesitas (kegemukan), merokok, dan stres merupakan hal-hal yang dapat meningkatkan risiko stroke. Karena itu, perlu diperbanyak makan sayur, buah-buahan segar, dan makanan yang berserat. Olah raga yang dilakukan secara teratur, misalnya lari pagi dan berenang, akan mengurangi risiko terkena stroke.

Jaga berat badan agar berkisar di sekitar berat badan ideal. Jika mempunyai kebiasaan merokok atau minum alkohol, segera hentikan kebiasaan buruk itu. Merokok atau minum alkohol akan meningkatkan risiko stroke sampai 200 persen. Bekerja dan menikmati hidup dengan santai juga sangat penting untuk menghindari stroke. Stres akan meningkatkan kadar radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak berbagai jaringan dan organ-organ tubuh yang vital.

 

2 Responses to “Bapak Kena Stroke”

  1. supriyadi marsan Says:

    cobalah utk telusur digoogle up supriyadi marsan utk sedikit info ttg stroke dan solusi awalnya..

    • supriyadi marsan Says:

      Ibu dan bapak bisa mendapatkan info dalam grup Stroke dan win-win solusinya/grup rahasia kesehatn tubuh di face book.021-68769609/087846610007


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s